LTM Fair, Dosen Uji Kemampuan Mengajar Mahasiswa

Suasana lain nampak di lantai 3 dan 4 di gedung N. Terlihat banyak mahasiswa berkumpul bersama dalam kelompok-kelompok kecil sedang mempersiapkan alat peraga. Beralaskan karpet sederhana mereka menghias “tempat” kecilnya. Bahkan sekelompok mahasiswa memakai hias kepala sesuai tema alat peraga yang diusungnya. Mereka sedang mengikuti “Language Teaching Media” (LTM) Fair (Pameran Media Pembelajaran Bahasa) pada Selasa (30/4).

alat peraga1.jpg

Fajar Kartika, SS MHum, selaku dosen pengampu mata kuliah Language Teaching Media (Media Pembelajaran Bahasa) mengungkapkan bahwa pameran alat peraga tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran bahasa. Setiap dua kali pertemuan kelas akan dilakukan uji kompetensi. “Mahasiswa diarahkan untuk mampu menentukan media pembelajaran sesuai materi ajar, sehingga ketika membuat media, penggunaannya bisa sangat efektif,” jelasnya.

Mata kuliah LTM ini diikuti oleh mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) semester IV. Kali ini pameran media pembelajaran diisi oleh dua kelas. Acara menjadi bentuk penilaian atau tolak ukur kemampuan mahasiswa untuk uji kompetensi.

Dalam acara yang berlangsung selama sekitar lima jam ini, setiap kelompok yang terdiri tiga mahasiswa mempresentasikan media pembelajaran sesuai materi ajar. Masing-masing anggota memiliki tugas, yakni menguasai uraian materi, menggambarkan media, dan mendemonstrasikan penggunaan media.

Setiap kelompok mendapat materi ajar yang ditentukan oleh dosen. Materi antara lain adalah spoof, present tense, modality, question tag, passive voice, recount, perfect tense, past tense, dan descriptive. Kelompok membuat media yang tempat untuk menyampaikan materi di atas.

Penilaian paparan kelompok dilakukan oleh tiga dosen yaitu Fajar Kartika, SS MHum, Rusiana, MPd serta seorang dosen pendukung dari tiap-tiap kelompok.

Konsep tersebut, ungkap Fajar, pada awalnya direspon negatif oleh mahasiswa. Mereka keberatan. Namun begitu, menurutnya, penampilan dan presentasi peserta acara lebih dari yang diharapkannya. “Ternyata, akhirnya mahasiswa menikmati acaranya,” ujarnya.

presentasi.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s