BEM Pertanian Pelatihan PKM di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tidak selalu identik dengan berbagai kegiatan sosial seperti menyantuni anak yatim piatu dan buka bersama. Layaknya bulan- bulan lain diluar Ramadhan, berbagai kegiatan masih dapat dilaksanakan. Aktivitas tidak harus terhenti hanya karena menjalankan puasa. Menilik apa yang dilakukan oleh para anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus (BEM FP UMK) pada Rabu (17/07-2013), mereka menggelar sebuah kegiatan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi para mahasiswa Fakultas Pertanian UMK sekaligus buka bersama di akhir acara. Meskipun dilaksanakan di bulan Ramadhan, antusiasme para peserta terlihat besar dengan hadirnya 30 orang pada pelatihan tersebut.

Mohammad Sofiyan, Ketua Panitia dan juga anggota BEM, menuturkan bahwa pelatihan PKM kali ini terasa sangat spesial. Dikarenakan berada di nuansa Ramadhan, pelatihan terasa lebih santai antara peserta dan panitia. Selain itu di akhir acara mereka berbuka bersama sehingga menambah rasa keakraban.

“Kali ini pelatihan memang terasa singkat, hanya satu hari. Biasanya dalam kurun waktu tiga minggu kami melaksanakan tiga kali. Tiap minggunya kami siapkan kegiatan yang berbeda. Di minggu pertama, narasumber akan memberi motivasi kepada mahasiswa untuk bersemangat membuat proposal PKM. Kemudian pada minggu selanjutnya, narasumber akan memberikan contoh dari proposal PKM secara detail. Setelah itu, peserta diminta untuk membuat sendiri proposal PKM dan nantinya akan dikoreksi oleh narasumber,” ungkapnya ketika menceritakan keadaan pelatihan.

“Tapi berhubung puasa ya, kita mempersingkat waktu pelatihan. Semoga tetap bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa,” pungkasnya. Bertempat di ruang 2.A Gedung Djarum, tujuan dari pelatihan PKM ini lebih ditekankan kepada pembekalan. Sebagian besat peserta berasal dari semester 2 yang memang masih awam dengan istilah PKM. Oleh karena itu, melalui pelatihan PKM para mahasiswa diberi bekal seperti langkah membuat serta bagaimana kriteria PKM yang baik.

Ditambahkan oleh Sofiyan, pada pelatihan tersebut dihadirkan tiga narasumber yang juga dosen Fakultas Pertanian. Beliau yaitu Dra. Farida Yuliani M.Si, Ir. Supari, M.Si, dan Drs. Hendi Hendro H.S., M.Si. Pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari ini dibagi menjadi 3 sesi dengan narasumber yang berbeda-beda. Setiap dosen memiliki spesifikasi PKM sendiri-sendiri. Sebagai contoh, Ibu Farida menjadi narasumber khusus PKM-Kewirausahaan (PKM-K). Beliau juga akan menangani mahasiswa yang mengajukan proposal PKM-K dan mahasiswa yang lolos.

Untuk ke depannya, Sofiyan mewakili seluruh rekan mahasiswa Fakultas Pertanian, mengharapkan pihak universitas dan fakultas mampu memfasilitasi, memotivasi serta mengatur bentuk pengumuman atau jadwal pembuatan proposal PKM.

 

Dimuat di:

http://infomahasiswa.umk.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=941:bem-pertanian-pelatihan-pkm-di-bulan-ramadhan&catid=954:bem-pertanian-pelatihan-pkm-di-bulan-ramadhan&Itemid=1Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s